Selasa, 02 Februari 2010

penelitian dan Needs Assessment

by. M. Faqih SEknun.


Penelitian Kuantitatif
Penelitian Kuantitatif dapat diartikan sebagai Metode Penelitian yang berlandaskan pada Filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sample tertentu, teknik pengambilan sample pada umumnya dilakukan secara random, pengumpulan data menggunakan Instrument penelitian, analisis data bersifat kuantitatif / statistik dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Bentuk penelitian ini pada prinsipnya adalah untuk menjawab masalah. Masalah merupakan penyimpangan dari apa yang seharusnya. Dengan apa yang terjadi sesungguhnya. Penyimpangan antara aturan dengan pelaksanaan , teori dengan praktek, perancanaan dengan pelaksanaan, dan sebagainya. Penelitian Kuantitatif bertolak dari studi pendahuluan dari obyek yang diteliti ( Preliminary study ) untuk mendapatkan yang betul –betul masalah. Dalam desain Kuantitatif, istilah – istilah didefinisikan pada awal penelitian dan dengan bahasa yang lebih abstrak atau dalam bahasa yang bersifat operasional.

b. Penelitian Kualitatif
Metode Peneliatian Kualitatif adalah metode penelitian yang berlandasakan pada filsafat postposivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, ( sebagai lawanya adalah eksperimen )
2
dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowbaal , teknik pengumpulan dengan trianggulasi ( gabungan ) analisis data bersifat induktif / kuantitatif dan hasil penelitian kuantitatif lebih merekankan makna dari pada generalisasi.

c. Needs Assesment.
Needs Assesment. Adalah Suatu cara atau metode untuk mengetahui perbedaan antara kondisi yang diinginkan atau yang seharusnya ( should to be ) atau yang diharapkan dengan kondisi yang ada. Diamana kondisi yang diinginkan sering disebut dengan kondisi Ideal, sedangkan kondisi yang ada sering disebut kondisi real / nyata.
Analisis kebutuhan atau Needs assessment sebagai suatu proses Formal untuk menentukan jarak atau kesenjangan antara keluaran berdampak yang nyata. Dengan kondisi nyata dengan dan dampak yang diinginkan, kemudian merupakan deretan kesenjangan ini dalam skala prioritas, lalu memilih hal yang paling penting untuk diselesaikan masalahnya.
( Dalam kontak pendidikan kebutuhan dimaksudkan Needs Assesment itu dimaksudkan atau diartikan suatu kondisi yang memperlihatkan adanya kesenjangan antara kenyataan yang ada dan kondisi yang diharapkan ).

d. Research dan Development.
Borg and Gall, (1988 dalam Sugiyono 2008 : 9 – 10 )
Menyatakan bahwa , penelitian dan pengembangan ( research and development / R & D) , merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan atau memualidasi produk – produk yang digunakan dalam pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan Pengembangan merupakan “ jempatan “ antara penelitian dasar ( basic research ) dengan penelitian terapan ( applied research ) dimana penelitian dasar bertujuan untuk “ to discover New Knowledge About Fundamental
3
Phenomena “ dan bertujuan untuk menemukan pengetahuan yang secara praktis dapat diaplikasikan. Walaupun ada kalanya penelitian terapan juga untuk mengembangkan produk. Penelitian dan pengembangan bertujuan untuk menemukan, mengembangkan dan memualidasi suatu produk.

Jawaban Nomor 2.
Dalam hal ini saya mengambil Rancangan proposal dengan bentuk penelitian kualitatif sebagai contoh proposal dan pengembangannya sebagai berikut

Kerangka Proposal sebagai berikut :
a. Judul / Topic penelitian :
Model Alternatif Sistem dan pengembangan manajemen pendidikan untuk mempersiapkan tenaga kerja Industri permesinan Modern.
b. Latar belakang.
Kebijakan Pemerintah dalam pembangunan industri sebagai upaya untuk meningkatkan nilai tambah ditujukan untuk memperluas lapangan kerja dan kesempatan berusaha, menyediakan barang dan jasa yang bermutu dengan harga yang bersaing baik dipasar dalam maupun luar Negeri.
Keberhasilan Pembangunan dalam berbagai Sektor dan khususnya Industri akan sangat ditenteukan oleh Faktor Manusia. Seperti dinyatakan oleh Gaffar 1987 dalam Sugiyono 2008 : 165 ) bahwa keberhsilan pembangunan itu sangat ditentukan oleh faktor Manusia, dan manusia mempunyai kemampuan membangun. Kemampuan membangun ini hanya dapat dibina melalui pendidikan.
d. Pertanyaan – pertanyaan penelitian
Berdasarkan Fokus penelitian yang telah ditetapkan tersebut, maka.maka masalah penelitian dapat dirumuskan sebagai berikut.
1. Bagaimana profil pekerjaan pada industri permesinan modern, khususnya pekerjaan komponen mesin.
2. Bagaimana kompontensi tenaga kerja / operatur yang diperlukan untuk mengerjakan pekerjaan dengan mesin – mesin ?
3. Bagaimana perbandingan perkembangan kemampuan kerja antara karyawan lulusan SMK / SMU.
4. Bagaimanakah hubungan antara komponen utama pendidikan dengan komponen Industri.

e. Metode Penelitian
a. Metode
Untuk menunjukan model alternatif
Sitem dan pengembangan Manajamen Pendidikan dalam menyiapkan tenaga kerja industri permesinan yang Optimal, dengan unsur – unsur pokok uang harus ditemukan sesuai dengan butir – butir rumusan masalah,tujuan dan manfaat penelitian,maka digunakan metode penelitian kualitatif.

b. Sumber data dan teknik pengumpulan data. Disini sumber dan teknik
Pengumpulan data dalam penelitian disesuaikan dengan fokus dan tujuan penelitian.

c. Instrument Penelitian
Dalam penelitian ini Instrumen penelitian yang utama adalah peneliti sendiri, namun setelah fokus penelitian menjadi jelas mungkin akan dikembangkan Instrumen penelitian sederhana, yang diharapkan dapat digunakan untuk menjaring data pada sumber data yang lebih luas, dan mempertajam serta melengkapi data hasil pengamatan dan observesi.

d. Teknik Analisis Data
Teknik Analisis Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif, mengikuti konsep yang diberikan Miles And Huberman dan Spraddley.

5
e. Pengujian Kredibilitas Data.
Disimpulkan komponen metode penelitian :
a. alasan menggunakan metode kualitatif
b. tempat penelitian
c. instrument penelitian
d. sample sumber data penelitian
e. teknik pengumpulan data
f. teknik analisis data
g. rencangan pengujian keabsahan data ?

f. Langkah- langkah Penelitian
Dalam hal ini oleh : ( Fraenke dan Wallen, 2007 : 433 – 435 )
1. mengindentifikasi fenomena yang diteliti.
2. mengindentifikasi para partisipan dalam penelitian.
3. membangun Hipotesis dikembangkan dari data karena proses penelitian.
4. pengumpulan data.
5. interprestasi – interprestasi dan simpulan – simpulan.

Demikian uraian singkat jawaban sesuai dengan kemampuan saya.









LITERATURE :


- Jhon W . Cresswell ( 1994 ) Research Desingn Qualitatif dan Quartitative Approaches, Thousand Oaks London.
London New Delhi Internasional Educatoral and Profesional Publishen
- Sugiyono ( 2008 ) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D Penerbit Alfabeta Bandung.
- ………..( 2008 ) memahami penelitian kualitatif dilengkapi contoh proposal dan laporan penelitian CV. Alfabeta Bandung.
- Stuffebeam, Daniel L. ( 1985 ), Conduction Need Assement , Kluwer Academic Publisher U.S.A.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar